Tuesday, February 26, 2013

Inilah Bukti Simpanse Lebih Cerdas dari Manusia


Enam simpanse diuji dengan cepat bisa mengingat lokasi dan urutan sembilan digit angka.

Simpanse dianggap memiliki kecerdasan lebih dari manusia, setidaknya tentang ingatan jangka pendek. Ini adalah hasil kesimpulan sekelompok peneliti Jepang.

Peneliti Jepang ini mengambil rekaman video yang menunjukkan kemampuan luar biasa seekor simpanse bernama Ayumu. Lalu, rekaman gambar itu ia presentasikan pada pertemuan tahunan American Association for the Advancement of Science (AAAS) pada pekan lalu.

Ketika angka 1 sampai 9 muncul secara acak di layar monitor dan kemudian menghilang, simpanse mampu mengingat urutan yang tepat dan lokasi setiap angka. "Ayumu juga belajar angka 1 sampai 19 dan mampu menyusunnya dalam urutan yang belum pernah terlihat sebelumnya," kata Tetsuro Matsuzawa, peneliti di Primate Research Institute, Universitas Kyoto.

Tidak semua manusia memiliki kemampuan seperti itu. Biasanya, kemampuan ini dimiliki oleh orang-orang dengan savant syndrome, yang disertai cacat mental berat. "Itu di luar kekuasaan manusia biasa," kata Matsuzawa. Selain itu, enam simpanse diuji dengan cepat bisa mengingat lokasi dan urutan sembilan digit angka.

Ini memori jangka pendek yang luar biasa. Kemampuan ini membantu simpanse bertahan hidup di alam liar tempat mereka harus sering membuat keputusan yang cepat dan kompleks. Kerja memori merupakan bentuk aktif dari memori jangka pendek, ruang kerja mental yang memungkinkan otak menyulap pikiran secara bersamaan.

Untuk simpanse, kerja memori mungkin membantu hewan menavigasi cabang-cabang pohon besar untuk memberi makan, misalnya. Bisa juga untuk memutuskan apa yang harus dilakukan ketika kelompok-kelompok pesaing saling mengancam.

vivanews.com

0 comments:

Post a Comment